Selasa, 22 Juni 2010

TUGAS AKHIR BAB I

BAB I

PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang Masalah

Era persaingan bebas seperti sekarang ini, kecepatan pengolahan dan penyampaian informasi memiliki peran yantg sangat penting bagi setiap perusahaan, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki tingkat rutinitas yang tinggi dan memiliki data yang harus diolah.

Banyaknya data maupun informasi yang harus diolah oleh suatu perusahaan tidak memungkinkan jika dilakukan dengan menggunakan cara-cara manual. Pengolahan data yang jumlahnya cukup banyak memerlukan suatu alat bantu yang memiliki tingkat kecepatan perhitungan dan penyampaian data yang tinngi. Alat bantu tersebut berupa suatu perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).

PG. Gondang Baru Klaten merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang penggilingan tebu memiliki komitmen kuat untuk mensejahterakan dan menjaga kesehatan karyawannya. Untuk itu PG. Gondang Baru Klaten menyediakan sebuah poliklinik. Poliklinik tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk karyawan perusahaan saja tetapi juga untuk semua keluarga dari karyawan tersebut. Maka dari itu poliklinik PG.Gondang Baru Klaten memiliki rutinitas yang sangat tinggi, sehingga akan menghasilkan data maupun informasi yang jumlahnya sangat banyak.

Pelayanan kesehatan di poliklinik PG.Gondang Baru Klaten tidak hanya melakukan pemeriksaan saja tetapi juga meliputi pelayanan obat di bagian polikliniknya, untuk itu diperlukan suatu sistem pendukung yang memadai terutama untuk mengetahui stok dan transaksi obat keluar tersebut.Obat adalah kebutuhan utama bagi para pasien sehinnga harus selalu tersedia di PG. Gondang Baru Klaten. Akan tetapi proses pencatatan stok obat di poliklinik tersebut masih dilakukan secara manual sehingga diperlukan waktu yang lama untuk melakukan pengecekan stok obat. Oleh karena itu sebenarnya Poliklinik PG. Gondang Baru Klaten membutuhkan suatu system atok obat yang cepat dan akurat sehingga proses kerja di bagian poliklinik menjadi lebih eofektif dan efisien.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian bidang persediaan obat pada sebuah poliklinik dengan meilih judul “Sistem Informasi Stok Obat di Poliklinik PG. Gondang Baru Klaten”.

  1. Penegasan Judul

Adapun yang menjadi alasan penulis dalam pemilihan judul penelitian ini adalah:

  1. Alasan obyektif

Kehadiran teknologi computer dewasa ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari dalam membantu kinerjanya, dan keberadaan teknologi computer ini diharapkan mampu membantu kinerja manusia dalam bidang jasa dalam hal ini stok obat dimana dapat membantu dalam proses pengolahan data, mulai dari obat masuk, data supplier, data pasien, data obat, obat keluar, stok obat, sampai laporan obat keluar dan stok obat dapat tersusun dengan rapi, cermat, tepat dan tepat.

  1. Alasan subyektif

Alasan subyektifnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Judul penelitian sesuai dengan ilmu yang dipelajari npenulis sehingga mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan mempratekkan ilmu yang didapat dibangku kuliah kedalam dunia kerja.

  2. Penelitian dilakukan dilokasi penelitian yaitu PG. Gondang baru klaten dan data yang diperoleh langsung dari sumbernya agar data tersebut lebih akurat.

  1. Penegasan Judul

Dengan memperhatikan berbagai keterangan yang telah disajikan sebelumnya, dan untuk membantu proses pemantauan stok obat di Poliklinik PG. Gondang Baru Klaten agar lebih efektif dan efisien, maka penulis telah memutuskan hendak membuat “Sistem Informasi Stok Obat di Poliklinik PG. Gondang Baru Klaten”.

  1. Keaslian Penelitian

Pengetahuan penulis tentang masalah ini belum pernah diteliti dan diaplikasikan pada lembaga pendidikan komputer manapun, terbukti belum adanya sistem informasi stok obat di PG. Gondang Baru Klaten. Hal inilah yang menarik penulis untuk membuat sistem tersebut untuk mengetahui stok obat di poliklinik PG. Gondang Baru Klaten.

  1. Perumusan masalah

Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut, maka dapat diambil sebuah rumusan masalah yaitu bagaimana sistem informasi stok obat di PG. Gondang Baru yang dapat menangani ketersediaan obat di poliklinik tersebut?.

  1. Batasan Masalah

Untuk menghindari kesalahpahaman dan meluasnya masalah yang akan diteliti, maka penulis membatasi atau memfokuskan masalah yang berkaitan dengan sistem informasi stok obat di poliklinik PG. Gondang Baru Klaten yaitu:

  1. Sistem ini hanya membahas tentang stok obat di poliklinik PG. Gondang Baru Klaten.

  2. Sistem ini hanya akan mempelajari tentang proses masuk dn keluarnya suatu obat.

  3. Sistem ini tidak menangani laporan keuangan dari hasil transaksi obat.

  1. Manfaat

Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu :

  1. Bagi Penulis.

  1. Sebagai syarat untuk memenuhi penyusunan tugas akhir guna mendapatkan gelar diploma tiga dari program studi Manajemen Informatika di Unwidha Klaten.

  2. Menambah pengalaman dan keterampilan sehingga dapat mengembangkan bakat dan kreatifitas.

  3. Dapat membuktikan sejauh mana kemampuan dan keterampilan dibangku kuliah dengan cara praktik langsung secara nyata.

  4. Membangun kemandirian dan rasa percaya diri.

  1. Bagi Unwidha

  1. Menciptakan kerjasama antara perguruan tinggi dengan lembaga lainnya dalam melaksanakan pembangunan.

  2. Perguruan tinggi akan lebih mantap dalam pengisian ilmu atau pendidikan kepada mahasiswa dengan adanya umpan balik sebagai integrasi mahasiswa dengan masyarakat terutama instansi atau lembaga.

  1. Bagi Instansi

  1. Pemantauan stok obat di poliklinikPG.Gondang Baru Klaten tidak lagi dilakukan secara manual.

  2. Proses pengadaan stok obat di poliklinik akan menjadi lebih efektif dan efisien dengan adanya suatu sistem.

  3. Dapat menghasilkan suatu sistem yang tepat sehingga dapat di pakai di poliklinik tersebut.


  1. Tujuan Penelitian

Adapun yang tujuan ingin dicapai oleh penulis yaitu:

  1. Untuk mengatasi pemantauan stok obat yang masih dilakukan secara manual di poliklinik PG. Gondang baru Klaten

  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivutas kerja poliklinik.

  3. Merancang sistem informasi stok obat di poliklinik PG. Gondang Baru Klaten sehingga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar